Pages

Sabtu, 16 Mei 2015

Penentuan Kandungan Air Kristal Terusi (CuSO4∙xH2O) dengan Cara Gravimetri


Penentuan Kandungan Air Kristal Terusi (CuSO4∙xH2O) dengan Cara Gravimetri


Tahap pengukuran dalam metode gravimetrik adalah penimbangan. analitnya secara fisik dipisahkan dari semua komponen lain dari sampel itu maupun dari pelarutnya. Gravimetri merupakan salah satu metode analisis kuantitatif suatu zat atau komponen yang telah diketahui dengan cara mengukur berat komponen dalam keadaan murni setelah melalui proses pemisahan.
Disini akan dijelaskan bagaimana penentuan kandungan air kristal terusi (CuSO4∙xH2O) dengan cara gravimetri. Alat yang digunakan adalah kaca arloji berdiameter 5cm, pembakar Bunsen, kaki tiga, kawat kasa, eksikator, dan neraca analitik. Dan bahan yang digunakan adalah Kristal terusi (CuSO4.xH2O).
Langkah pertama yang dilakukan adalah menimbang 0,5 gram kristal terusi dalam kaca arloji dan catat sebagai Wo. Kemudian menimbang gelas kimia kosong yang akan digunakan untuk memanaskan kristal terusi dan catat hasilnya. Lalu memindahkan 0,5 gram kristal terusi kedalam gelas kimia dan kemudian memanaskannya dalam oven 100oC selama 25 menit sampai kristal terlihat putih. Setelah 25 menit, memindahkan kristal terusi ke dalam eksikator selama 15 menit dan setelah dingin ditimbang, lalu catat berat tersebut sebagai W1. Setelah ditimbang, kemudian memanaskan kembali kristal tersebut selama 25 menit dan setelah dipanaskan, dimasukkan kembali ke dalam eksikator selama 15 menit dan setelah dingin ditimbang kembali, lalu dicatat sebagai W2

 Dari percobaan tersebut maka diperoleh hasil:
Wo      : 0,5 gram                    Gelas kimia kosong     : 17,22 gram


Setelah pemanasan dan pendinginan:
Gelas kimia + kristal (1)          : 17,6210 gram
Gelas kimia + kristal (2)          : 17,5814 gram
Maka diperoleh:
W1       = gelas kimia + kristal (1) – gelas kimia kosong
            = 17,6201 gram - 17,22 gram
            = 0,401 gram
W2       = gelas kimia + kristal (2) – gelas kimia kosong
            = 17,5714 gram - 17,22 gram
            = 0, 3614 gram
Dan kemudian kristal terusi dihitung dengan rumus sebagai berikut:
  


         

Wn yang digunakan adalah W2, jadi Wn = 0,3614 gram, maka dapat dihitung berat Kristal terusi sebagai berikut:
          









Berat kandungan air kristal terusi yang diperoleh adalah 5,32 dan dapat dibulatkan sebagai 5. Maka diperoleh rumus kristal terusi adalah CuSO4.5H2O.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Headline News

« »
« »
« »
Get this widget